upcoming event!

bazaar produk branded cuci gudang!!!

nike, benetton, umbro, league, sisley, dll

Oktober 2006 - Arena PRJ Kemayoran

home
calendar event
daftar pengisi acara
daftar peserta pameran
contact

 25 September 2006

12 Step merancang sebuah acara / event


aku mau bagi-bagi tips utuk step-step dalam membuat sebuah acara atau sebuah event.
baik exhibition (pameran), festival, bazaar, dll.

aku ga tahu kalau orang lain merancang dengan cara bagaimana, tapi aku sih caranya seperti begini dibawah ini. (please corect me, if i'm wrong) atau tolong bantu aku kalau ada cara yang kurang sempurna / punya cara yang lebih baik...

supaya simple... (dan supaya kamu mudah membacanya) aku rangkumkan dulu apa yang mau dibahas....
  1. yang mau diangkat Produk apa?
  2. Acara / Jadwal Acara / Rundown
  3. Perlombaan / kontes / audisi
  4. Hadiah / doorprize / lucky draw
  5. Target visitor / pengunjung
  6. Peserta, tenant, dll
  7. FloorPlan / Zoning
  8. Equipment : Panggung / Sound-System / Lighting / dll.
  9. PIC
  10. RAB (Rencana Anggaran Biaya) / Budgeting
  11. Sponsorship (jika ada)
  12. Proposal
detailnya:
  1. yang mau diangkat Produk apa?
    nah, baru aku mulai ngarang mengenai produk apa yang pantas ditawarkan kepada JAGAD RAYA ( maksudku: publik/pasar :) hehehe ).

  2. Acara / Jadwal Acara / Rundown
    aku memulai dari membuat konsep. acaranya seperti apa, 'tema'nya seperti apa. lalu goes to detail... ke jadwal acara (rundown acara)

  3. Perlombaan / kontes / audisi
    sebenarnya konteks ini masih termasuk dalam kategori 'acara'. tapi bentuk kegiatan ini adalah momen (salah satu momen lebih tepatnya) untuk menjembatani jarak antara audience (visitor) dan penyelenggara.

  4. Hadiah / doorprize / lucky draw
    ini juga sebenarnya masih dalam konteks poin no. 1 diatas. tetapi ini juga yang memiliki daya tarik bagi visitor.

  5. Target visitor / pengunjung
    acara / event ini ditujukan pada siapa? bahasa bagusnya: siapa segmen yang kita tuju?

  6. Peserta, tenant, dll
    biasanya setelah poin-poin diatas terpenuhi barulah *biasanya aku lebih bisa menjawab kalau sedang progress *inviting peserta / tenant dan pihak sponsor melalui alat yang namanya *proposal. tapi sampai pada step ini , aku belum bikin proposal.

  7. FloorPlan / Zoning
    semua poin-poin yang diatas barulah angan-angan, supaya lebih *nginjak bumi*. kita harus membuat FloorPlan / Zoning

  8. Equipment : Panggung / Sound-System / Lighting / dll.
    semua poin diatas, tentu memerlukan perlengkapan dan peralatan. kita harus membuat daftar keprluan mengenai hal itu. buatlah dulu yang simple aja. jangan berpikir rumit. semacam membuat garis besar terlebih dahulu barulah detail untuk berikutnya.

  9. PIC
    Person In Charge. sebetulnya poin ini adalah semacam struktur organisasi. tetapi bagi-bagi tugas memang teramat penting. menunjuk tim EO (event organizer) sebagai tim suksesnya. walaupun kita mungkin memakai EO Outsourcing ,Tim EO ini mesti dibangun di dalam intern kamu.

  10. RAB (Rencana Anggaran Biaya) / Budgeting
    Barulah sekarang kita membuat anggaran.

  11. Sponsorship (jika ada)
    Poin ini sangat penting atau tidak terlalu penting menurutku. kenapa penting? tentu sudah tahu jawabannya. tetapi berdasarkan pengalaman, aku sering melihat hal inilah yang sering menjadi topik utama. Lalu kenapa aku juga menyebut tidak terlalu penting? karena juga berdasarkan pengalaman bahwa sebuah event dapat berlangsung mandiri dimana jika sebuah program yang solid dapat berdiri atas kekuatan peserta / tenant dan beberapa diantaranya malah dari pengunjung / visitor. malahan acara yang bagus mengundang sponsor berebut.

  12. Proposal
    sebuah proposal yang mencantumkan semua detail diatas, termasuk benefit bagi peserta dan pengunjung juga persyaratan ke-ikutserta-an. simple will be better. singkat, sederhana lebih mudah dibaca dan dimengerti. pastikan menggunakan sesedikit mungkin kerumitan dan kata-kata sulit dan panjang, namun tetap detail.

Pendukung kesuksesan
  • Database undangan / konsumen / visitor / buyer
    ini yang paling sering dilupakan. tapi paling penting.

  • strategi dan media dan promosi
    pastikan apa yang ingin diberitakan / dikomunikasikan sampai kepada siapa yang seharusnya mendengar / mengetahui

  • Unsur Needs bagi Visitor
    - Barang murah dibawah pasaran tetapi tetap terjangkau umum
    - Barang baru / kegiatan baru / yang inovatif tetapi tetap dibutuhkan orang sehingga jika orang tidak datang merasa ketinggalan / rugi
    - Acara interaktif melibatkan pengunjung dan pengisi acara, seperti lomba, kontes, audisi, talkshow, demonstrasi.
OK. sip segitu dulu. nanti kalau ada masukan dan kesalahan aku segera koreksi.

 

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

orang
View My Stats

foto

silakan komen!

Google

Arsip Tulisan

My Photo
Name:
Location: Jakarta

we are an event organizer

data

+ email : festival@yahoo.com

+ sms : 0888 8308 703

+ milis: join

links

pesta1001
bioposter
blogger
photobucket
statcounter
technorati
freefind

friend

search in this blog

pooling

guestbook

tag

forum

support by

Powered by Blogger

 

 

contoh daftar isi proposal

forum

 

Google

copyright FESTIVAL1001